Memasang Hostpot di Area Rumah Sendiri

03/06/2010 13:54

Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini :
1. Jika sudah ada jaringan atau LAN di rumah, dan hendak memasang hotspot sebagai tambahan akses koneksi, yang dibutuhkan hanyalah Wireless Access Point untuk dipasang pada hub atau switch yang sudah ada pada jaringan tersebut.

2. Jika pemasangan hotspot sebagai jaringan baru, bisa menggunakan sebuah perangkat yang disebut Wireless Access Point Router. Perangkat ini memiliki kemampuan sebagai router dan ethernet hub untuk menyebarkan koneksi internet ke komputer lain di dalam rumah. Yang dimiliki Wireless AP Router ini adalah :
- port untuk cable modem atau modem DSL
- Router
- Ethernet hub
- Firewall
- Wireless Access Point

3. Jika sudah memliki Wireless Access Point dan hanya dipergunakan untuk 1 komputer, dapat menggunakan tambahan perangkat yaitu broadband router yang akan berfungsi sebagai ethernet hub.

Setelah selesai memasang dan menyelesaikan instalasi Wireless Access Point tersebut, hal terakhir adalah mencoba akses hotspot baru tersebut dengan menggunakan laptop atau pda yang sudah memiliki card Wi-Fi yang sesuai. Biasanya perangkat wireless ini bisa mencapai jarak sekitar 30 meter di dalam rumah, karena adanya tembok atau lantai (jika bertingkat), yang menyebabkan terhambatnya sinyal. Jika memiliki rumah yang besar, dapat menggunakan alat penguat sinyal agar jarak sebar menjadi lebih luas.

Wireless Access Point sudah memiliki fasilitas-fasilitas khusus yang akan sangat membantu dalam setting dan instalasinya. Namun kita tetap dapat mengubah beberapa hal setelah pemasangan AP tersebut. Ada 3 hal utama pada AP :

1. SSID : biasanya secara otomatis akan mengeluarkan nama manufaktur perangkat seperti “Linksys” atau “D-Link” atau “Netgear”. Kata – kata tersebut dapat kita ubah sesuai kehendak.

2. Channel : biasanya secara otomatis akan masuk pada channel 6, namun jika tetangga yang berdekatan juga menggunakan channel 6, akan terjadi interferensi sehingga mengganggu koneksi. Oleh karena itu, dapat dipilih channel lain antara 1 sampai 11.

3. WEP Key : biasanya secara otomatis akan me-nonaktifkan WEP. Untuk mengaktifkannya, harus memasukkan WEP Key dan menyalakan enkripsi 128 bit.

Pada perangkat Access Point selalu terdapat instruksi atau manual yang menjelaskan bagaimana cara merubah setting 3 hal di atas. Proses perubahan setting tersebut cukup mudah karena ditampilkan dalam format web yang diakses melalui web browser. Setelah seluruh konfigurasi dan setting selesai dikerjakan, seisi rumah dapat menggunakan internet melalui hotspot dimanapun selama masih dalam jangkauan area.


Web Lainnya